Sejarah Dinas Pertanian

Sejarah Singkat Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa

Berdiri Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Sumbawa merupakan realisai dari amanat Undang-Undang Republik Indonesia No 69 Tahun 1958 Tentang Pembentukan Daerah-Daerah Tingkat II dalam Daerah-Daerah Tingkat I bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Pada tahun 1958 Dinas pertanian Rakyat daerah Tingat II Sumbawa resmi berdiri dengan wilayah kerja meliputi Sumbawa dan Sumbawa Barat dengan alamat kantor Lokasi Gedung DPRD saat ini. Kepala Dinas Pertanaian Rakyat Daerah Tingkat II yang pertama adalah Ir. Karnadi dari tahun 1958-1966.

Periode 1967-1984 Kepala Dinas Pertanian Rakyat Daerah Tingkat II sumbawa yang ke II adalah H.Tunru Abdul Wahab, dengan alamat Kantor jalan Diponegoro No.36 sampai sekarang. program Unggulan Kementerian Pertanian saat itu adalah program Bimas Gotong Royong, Kemudian pada tahun 1970an program ini di ganti lagi menjadi program Bimas kedua, jenis program tersebut relatif sama yaitu pendekatan invatif melalui rekayasa sosial dan teknis untuk melaksanakan jutensifikasi dan ekstensifikasi Pertanian Rakyat dalam rangka meningkatkan produksi pertanian terutama tanaman pangan.

Pada awal tahun 1980 Program Bimas di campurkan lagi menjadi program INSUS (Intensifikasi Khusus), yaitu lebih menekankan pendekatan inovatif melalui rekayasa sosial dan teknis agar pelaksanan INSUS Bidang Pertanian Rakyat khususnya tanaman pangan dan hortikultura dapat meningkatkan produksi dengan cara menerapakan teknologi budidaya dan mengunakan sarana produksi secara optimal

Periode II tahun1984-1994 Kepala Dinas Pertanian Rakyat Daerah Tingkat II Sumbawa dipimpin oleh Ir. Agil Husien, dengan perubahan nama Dinas menjadi Dinas Pertanian Daerah Tingkat II Sumbawa. Program Unggulan Kementerian pertanaian saat ini adalah melanjutkan program INSUS yang sudah di rubah menjadi SUPRA INSUS dengan lebih menekankan penerapan aspek taknologi budidaya dan penjumlahan sarana produksi terutama Benih Unggul bersertifikat dan penggunaan pupuk berimbang serta pemberian petani KUT (Kredit Usaha Tani ) untuk membiayai usaha tani.

Periode ke III tahun 1994-1998 Dinas Pertanian daerah Tingkat II Sumbawa di pimpin oleh Ir. Ya’kub Syamsu. Program Unggulan Dinas pertanian adalah pemantapan pelaksanan Intensifikasi dan Ekstensifikas pertanian tanaman pangan dan bercorak tanam yaitu penggunan benih unggul, pengolahan tanah, penanaman, penyimpanan, pengairan, pemupukan ,pengendalian hama terpadu ,dan penanganan.

Periode ke IV tahun 1998-2000 Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa di pimpin oleh Ir. Gembong Suparnadi. Periode ke V tahun 2000-2004 Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa di pimpin oleh Ir. Agil Husein. Periode ke VI tahun 2004-2006 Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa di pimpin oleh Ir. Zainuddin Syamsu. Periode ke VII tahun 2006 Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa di pimpin oleh Ir. M. Zain sebagai Pejabat PelaksanaTugas.

Periode ke VIII tahun 2007-2010 Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa di pimpin oleh Ir. Sirajuddin sebagai Kepala Dinas. Program unggulan Dinas pertanian adalah pengembangan sarana dan perasarana produksi pertanian, Peningktan produktivitas dan produksi tanaman pangan, pengembangan pasca panen dan pengolahan hasil pertanian.

Periode ke IX tahun 2010 – 2016 Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sumbawa di pimpin oleh Ir. Talifuddin,M.Si dan selanjudnya Periode ke X tahun 2016 sampai dengan sekarang berubah nama menjadi Dinas Pertanian dan di pimpin oleh Tarunawan, Sos, SP.